ASUS AI: Zenbook DUO (2024) UX8406, Si Paling Multitasking!



ASUS AI: Zenbook DUO (2024) UX8406, Si Paling Multitasking!


AAAAAA!! Event ASUS hadir lagi di Bali... Setelah sukses memperkenalkan jajaran laptop ASUS Business: Inovasi Laptop dan PC Desktop dengan Intel vPro, di Hotel Aston Denpasar pada Maret lalu, kini ASUS kembali lagi hadir membawa inovasi dan teknologi terkininya, yaitu ASUS AI.

Bertajuk ASUS Consumer PC: Media & Blogger Roadshow, Experience More with ASUS AI, pada Jumat (30/8) lalu, di Harris Hotel and Convention, Bali, saya merasa excited sekali buat tahu lebih banyak spesifikasi canggih dari jajaran laptop ASUS AI yang bahkan sudah tersedia lengkap di Denpasar.

“Semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

“ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap.” lanjutnya.

Laptop dengan logo ASUS AI bermakna bahwa laptop tersebut sudah dibekali software dan hardware berbasis AI. ASUS AI juga dipastikan hadir dengan Neural Processing Unit (NPU), merupakan chip khusus yang membuat pemrosesan AI menjadi jauh lebih efisien.

Beragam Inovasi ASUS AI

Setelah acara di buka oleh MC, kak Caroline, dilanjutkan Opening Presentation oleh mas Firman selaku Head of Public Relations ASUS Indonesia, yang menjelaskan secara singkat sejarah ASUS sendiri, mulai dari tahun 1997 ada The First Laptop ASUS P6300 Intel® Pentium MMX Processors, di 2011 ada The First Ultrabook ASUS Zenbook UX31 Intel® Processors, 2018 Zenbook Pro 15 (UX580) ScreenPad™, 2019 Zenbook Duo (UX481) ScreenPad™ Plus, 2022 Zenbook 17 Fold OLED (UX9702) Foldable Laptop, dan yang teranyar di 2024 ada Zenbook DUO (2024) UX8406 Dual-screen.

ASUS Innovating


Tak ingin berhenti berinovasi, pada 2023 ASUS menambahkan fitur Cloud AI, seperti ChatGPT, Adobe Firefly, Barg, dan Stable Diffusion. Kenudian di 2024 ada Edge AI dengan Copilot yang didukung Intel® Core, AMD Ryzen AI, Snapdragon, dan Low Power AI Engine NPU.

Jajaran ASUS AI juga sudah didukung oleh Copilot di Windows 11, di mana kamu bisa mendapatkan jawaban original sekaligus ringkasan untuk segala pertanyaan dan projek kamu. Ada pula fitur Paint yang lebih canggih, karena kamu bisa dengan mudah menghapus background dan membuat gambar dari tulisan.

Selanjutnya, ada fitur Snipping tool yang nggak cuma bisa menangkap gambar, tapi juga bisa mengedit teks yang disematkan pada gambar dengan mudah, lho. Selain itu, fitur Photo Editing yang makin menyederhanakan dalam pengeditan foto, seperti Adobe dan Skylum, hingga fitur Video Editing berkualitas tinggi, seperti Adobe dan Wondershare, jadi nggak perlu keahlian khusus untuk edit-mengedit.

Kategori Pengguna ASUS AI

Terdapat 3 pengelompokan ASUS AI terhadap para penggunanya, berikut penjelasannya:

1. Everday AI

Kategori ini diperuntukkan bagi para pengguna AI pemula yang aktivitas sehari-harinya melakukan beberapa pencarian, mencoba menemukan jawaban cepat, dan atau meeting online. Terdapat fitur Copilot, Windows Studio Effects, ASUS AISense Camera, ASUS AI Noise-Cancelation. 

2. Next Level AI

Selanjutnya, untuk pengguna menengah yang sudah cukup  sering menggunakan teknologi AI di kehidupannya sehari-hari, dengan tujuan meningkatkan produktivitas agar lebih efektif, efisien, dan menghemat waktu. Terdapat beberapa fitur seperti StoryCube, Live Caption, Co-Creator Paint dan Recall.

3. Advanced AI

Terakhir, kategori untuk para pengguna yang profesional yang membutuhkan kinerja lebih kuat dalam aktivitasnya setiap hari. Seperti, pembuatan konten, dukungan dari aplikasi AI akan sangat membantu untuk membuatnya lebih efektif dan efisien. Beberapa fitur yang dimiliki di antaranya, MuseTree, Stable Diffusion, CapCut Pro, dan Adobe.

Sesi selanjutnya dipandu oleh kak Nadia Tasya, selaku Consumer Product PR ASUS Indonesia. Di sesi ini, kak Nadia mempertegas bahwa ASUS AI merupakan solusi AI terlengkap yang bisa kamu miliki dari setiap jajaran produk yang ada, yang tentu saja akan memberi pengalaman lebih sesuai dengan kesibukanmu.

Selain itu, kak Nadia juga memperkenalkan spesifikasi dari ke-lima laptop ASUS AI, sekaligus memberikan demo atas kecanggihan beberapa fitur yang dimiliki, termasuk mendemokan fitur Copilot, fitur AI Powered Camera Effect, dan Intel AI Boost (NPU).

Nah, di artikel ini, saya hanya akan membahas ASUS AI yang paling menyita perhatian audiens, termasuk saya pastinya, apalagi kalau bukan Zenbook DUO (2024) UX8406 Dual-screen, yang menjadi andalan ASUS di tahun 2024.

Mengenal Lebih Lengkap Zenbook DUO (2024) UX8406 Dual-screen

ASUS AI: Zenbook DUO (2024) UX8406

Dari awal masuk ruangan, perhatian saya sudah tertuju sama si dual-screen paling ketjeh Zenbook DUO (2024) itu, lho! Nggak heran kalo laptop ini udah dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards, karena punya lima skenario penggunaan yang super fleksibel untuk aktivitas apapun, kayak ngeblog sambil nonton kartun atau maraton film, hehe..

Daripada penasaran, yuk mari cari tahu spesifikasi Zenbook DUO (2024) UX8406, berikut ini:

- Integrated Design

Zenbook DUO (2024) UX8406, memiliki kickstand yang dapat disesuaikan dari 40°-70°. Sanggahan yang dapat dilipat dan terdapat slot untuk pena stylus, memberikan pengalaman mengetik dan menggambar ergonomis yang lebih baik. Layarnya juga bisa diposisikan secara datar hingga 180°, lho.

- Hybrid Flexibility

Kamu bisa mengubah layarnya menjadi mode desktop. Dual screen mode plus keyboard, dimana kamu bisa mengatur kickstand-nya dan menggunakan keyboard yang terhubung dengan bluetooth. Mengubahnya menjadi mode laptop biasa, mencoba keyboard virtual, atau sharing screen, akan sangat memudahkan segala pekerjaan kamu. 

- Intuitive Smart Software

Intuitive Smart Software

Kamu bisa menggunakan jari-jari kamu untuk mengubah jenis layar ke dalam mode apapun, seperti "View Max" dengan menggunakan 5 jari, menampilkan mode virtual mouse dengan sentuhan 3 jari, 6 jari untuk virtual keyboard, dan 2 jari untuk mode switch layar.

- Latest Processor Powered by AI

Windows 11 Home, Intel® Core™ Ultra 9 (Processor), Intel® Arc (Graphics), Up to 5.1 GHz, Intel® AI Boost (NPU)

- FHD IR Camera

Terdapat beberapa fitur kamera, seperti LED Indicator, RGB Lens, IR Lens, IR LED, ALS, 2 mic, dan otomatis dapat mengatur cahaya di sekitar laptop.

- AI Powered Camera Effect

AI Powered Camera Effect

Pada gambar di atas, kamu bisa melihat perbandingkan sistem kerja Microsoft Learning Algorithm pada NPU/VPU/IPU dan solusi perangkat lunak tradisional. Kamu bahkan bisa tetap aktif walau dengan membuka aplikasi berbeda menggunakan duo layarnya.

- Long-lasting Battery

Kapasitas baterai Zenbook DUO (2024) 75 Wh dan dapat membuat kamu tetap produktif selama 8,8-13,5 jam dengan single screen dan 8-10,5 jam dengan dual screen. Dengan Fast-charge Technology, laptop akan terisi dayanya 60% hanya dalam hitungan 49 menit.

- Dual 3K 120HZ OLED Touchscreens

Resolusi layarnya bisa mencapai 2880 x 1800 dengan rasio aspek 16:10, 91% rasio layar ke bodi, 100% DCI-P3 Color Gamut, dan brightness-nya bisa mencapai hingga 500nits.

- I/O Ports

Zenbook DUO (2024) ini memiliki semua koneksi yang kamu butuhkan, seperti dua port USB-C Thunderbolt 4 ultrafast yang mendukung pengisian daya cepat, dua layar eksternal 4K 60hz atau satu 8K 60hz, dan mampu mentransfer data hingga 40 Gbps.

- US Military-Grade

US Military-Grade

Seperti yang kita tahu, ASUS nih memag "tahan banting", karena sudah melalui berbagai uji coba, seperti uji ketahanan pada temperature tinggi dan rendah, uji getaran, uji ketinggian, menjadikannya lolos uji US Military-Grade Laptop durability.

- Memory and Weight

Walaupun memiliki dua layar, Zenbook DUO (2024) memiliki kapasitas memory hingga 32GB dan hingga 2TB SSD. Begitu ringan dan tipis, hanya 1.35kg/14.6mm saja.

Gimana, nih, udah pada ngiler sama kecanggihan Zenbook DUO (2024) UX8406 ini, kan? Untuk harga Zenbook DUO (2024) UX8406 mulai dari Rp34.999.000, sungguh sangat worth it pastinya sama inovasi dan teknologi yang dihadirkan.

ASUS juga nggak bosan-bosan nih, karena kembali meraih penghargaan Top Brand 2023. ASUS meraih Top Brand Index (TBI) sebesar 24,4%, menempatkannya pada posisi pertama sebagai merek laptop pilihan masyarakat Indonesia. ASUS juga berhasil unggul dari kompetitor dengan selisih nilai TBI sebesar 3,2% dari posisi nomor dua di Top Brand Award. Makin fall in love nggak tuh sama ASUS.

Sesi foto bersama menandakan berakhirnya event ASUS Consumer PC: Media & Blogger Roadshow, Experience More with ASUS AI. Semoga ya saya dan teman-teman blogger lainnya bisa hadir kembali menyaksikkan inovasi super kece dari ASUS. Terima kasih ASUS, sampai jumpaa!

Sesi Foto Bersama ASUS Gathering 2024


Posting Komentar

15 Komentar

  1. Wow.. ini sih laptop idaman saya hehehe. Dan dengan harga 34 juta sekian, sangat pantas dengan berbagai keunggulan yang dihadirkan zenbook Duo 2024 UX8406
    Salah satunya snipping tool yang biasanya hanya bisa menangkap layar, sekarang bisa mengedit tulisan di gambar juga.

    BalasHapus
  2. Emang, inovasinya ASUS ini nggak main-main. Sekarang sudah ada laptop ASUS dengan fitur AI. Jadi nggak pernah ketinggalan jaman emang. Makin suka sama ASUS.

    BalasHapus
  3. Mantap bener nih Asus, laptopnya military grade jadi kuat dibawa ke mana-mana. Dapat windows yg original pula. Penasaran ama laptop AI yang pastinya memudahkan pekerjaan sebagai content creator.

    BalasHapus
  4. ASUS ini selalu mengeluarkan produk baru yang memanjakan konsumen ya. Jadi makin produktif dan semangat bekerja.

    BalasHapus
  5. inovasi ASUS cakep banget, tahu aja kebutuhan customer, jadinya dia akan selalu diburu karena customer puas dengan inovasinya

    BalasHapus
  6. Wah asyik dan seru banget bisa hadir langsung di event ASUS. Bisa menjajal langsung produk ASUS AI ini. Keren ih Paint 🎨 sudah bisa menghapus background. Makin lengkap aja fitur untuk mengedit foto. Dijamin deh, ASUS AI ini bakalan ngebantu banget pengguna untuk beraktivitas digital, salah satunya konten kreator

    BalasHapus
  7. Wuah kaya fitur yang bermanfaat ini dari laptop Asus, jadinya kepingin untuk dipinang, soalnya terbayang pekerjaan apapun jadinya terbantukan dengan ini

    BalasHapus
  8. Wah, Zenbook Duo ini benar-benar menjawab kebutuhan para multitasker sejati! Dua layarnya itu sungguh revolusioner, bikin kerjaan jadi lebih efisien.Desainnya elegan dan tipis, nggak nyangka laptop sekencang ini bisa se-portable. Pas banget buat yang sering mobilitas tinggi tapi tetap butuh performa tinggi.

    BalasHapus
  9. Waaa so happyy! Ada ngga ya soon gathering ASUS se-Indonesiaa? hihi.. pingin ketemu mba Ky :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa.. Yok aamiinkan yok, xixixi..

      Hapus
  10. Canggih banget ASUS Zenbook Duo dengan semua kelebihan dan fitur yang disediakan. Mungkin jadi mengurang beberapa langganan kaya Canva dan fitur editing lainnya yaa.. menggunakan ASUS Zenbook Duo, uda satset banget mau editing foto atau video yang cakeepp~

    BalasHapus
  11. ASUS nih emang ngeracunin banget :D . Setelah bertahan dengan laptop brand lain, begitu ia layak ganti, keputusan saya move to ASUS per Agustus 2024 kemarin. Lumayan sih bisa ngerasain notebook AI, meskipun masih kategori Everyday AI (menyesuaian budget). Dan yes, ASUS emang recommended!

    BalasHapus
  12. Yuni Bint Saniro said bahkan laptop ASUS juga membekali diri dengan AI ya. Sebenarnya AI memang memudahkan. Kitanya yang harus bijak dalam menggunakan. ASUS emang pengertian

    BalasHapus
  13. Duuh ASUS ya ga bisa berhenti bikin orang mupeng. Ptoduknya ituloh keren-keren banget dan speknya mantab..

    BalasHapus
  14. ASUS selalu menyajikan inivasi yang mampu menarik perhatian banyak orang untuk bisa memilikinya. Selain ketajaman warna yang biasa diunggulkan juga adalah screennya yang memggunakan teknologi terkini

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!