7 Tips Jitu untuk Karyawan Menghindari Jebakan Pinjaman Online



Cara Menghindari Pinjol

Jika dulu meminjam uang di bank atau lembaga keuangan lainnya membutuhkan syarat yang cukup banyak, sekarang tidak lagi seperti itu. Pasalnya, sudah banyak pinjol yang memberikan penawaran menarik berupa syarat pinjaman yang mudah, proses pencairan uang yang cepat, bunga rendah dan berbagai penawaran lainnya.

Penawaran yang ditawarkan seringkali membuat tergiur sehingga memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Karyawan dengan penghasilan yang pas-pasan juga memilih mengajukan pinjaman di pinjol agar kebutuhannya terpenuhi, walau akhirnya terjebak dengan utang dari layanan tersebut.

7 Tips Jitu untuk Karyawan Menghindari Jebakan Pinjaman Online

Nah, agar tidak tergiur dan terjebak dalam skema layanan mereka, berikut informasi tentang cara menghindari pinjol yang perlu diketahui, antara lain:

1. Jangan Mudah Tergoda dengan Penawaran Pinjol

Jangan Mudah Tergoda Penawaran Pinjol

Tips yang pertama adalah jangan mudah tergoda dengan penawaran pinjol. Penawaran dari pinjol memang sangat menarik dan membuat banyak orang tergiur untuk mengajukan pinjaman. Namun, jika tidak mau repot di kemudian hari sebaiknya jangan sekali-kali meminjam uang di layanan mereka.

Sebagai saran, ingat saja bahwa penawaran dari pinjol menggunakan kata-kata yang dilebih-lebihkan. Contohnya seperti cair cepat, limit pinjaman besar, suku bunga rendah dan lainnya. Kata-kata tersebut ditempatkan agar banyak orang mudah tertarik.

2. Kelola Keuanganmu dengan Baik

Mengelola keuangan dengan baik tidak hanya ampuh untuk menghindarkan diri dari pinjol, tetapi juga utang lainnya. Dengan begitu, pendapatan yang diraih jadi bisa dikelola dengan baik untuk kebutuhan.

Sebagai tambahan, jangan lupa penuhi kebutuhan sesuai dengan skala prioritasnya, agar uang sisa nanti bisa digunakan sampai gajian di bulan berikutnya.

3. Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan

Kurangnya perencanaan keuangan akan berakibat pada munculnya masalah keuangan. Akibatnya kamu akan memilih untuk berhutang agar bisa memenuhi kebutuhan. Supaya hal ini tidak terjadi, disarankan untuk membuat perencanaan keuangan dengan baik.

Perencanaan keuangan yang dibuat dapat membantu untuk memetakan kebutuhan secara tepat dan lebih rinci sesuai dengan pendapatan yang diterima. Dengan begitu, pengeluaran pun bisa dikendalikan dan akan menjadi lebih teratur. Jangan lupa juga untuk membuat catatan keuangan.

4. Tingkatkan Pengetahuan Tentang Keuangan

Pengetahuan tentang pengelolaan uang dengan baik sangatlah penting untuk dimiliki. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari.

Pengetahuan keuangan yang dimiliki akan membuatmu menjadi paham mana itu kebutuhan dan keinginan sehingga bisa menggunakan uang sesuai prioritasnya.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila penghasilan bulanan yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, solusinya bukan berutang,melainkan cari penghasilan tambahan. Saat ini, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dipilih. Atau, karyawan juga juga bisa membuka usaha kecil-kecilan di rumah.

Ide usaha sampingan di rumah yang bisa dikerjakan adalah menjual makanan ringan, menjadi reseller, membuka jasa les privat dan usaha sampingan lainnya. Pastikan untuk memilih jenis usaha dengan modal kecil.

6. Jangan Lupa Berinvestasi

Jangan Lupa Berinvestasi

Berinvestasi tidak harus dimulai ketika kamu sudah kaya. Hanya dengan gaji pas-pasan saja kamu sudah bisa berinvestasi. Sebagai pemula, kamu bisa memilih jenis investasi dengan resiko rendah. Contohnya seperti, berinvestasi emas atau tabungan.

Saat ini juga ada banyak jenis investasi yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000 saja. Meski modal awalnya rendah, kamu berpeluang untuk mendapatkan imbal hasil yang besar di kemudian hari.

7. Tidak Larut dalam Tren

Cara menghindari pinjol untuk karyawan yang terakhir adalah untuk tidak larut dalam tren. Perlu diketahui bahwa generasi muda menjadi kalangan yang paling banyak meminjam uang di pinjol karena syaratnya mudah.

Uang yang dipinjam biasanya digunakan untuk mengikuti tren yang sedang ramai. Hal ini tidak patut untuk ditiru, karena kamu akan terjebak dalam jeratan utang pinjaman online yang bisa berakibat buruk untuk masa depan. 

Nah, itulah 7 tips jitu untuk karyawan menghindari jebakan pinjaman online. Selain ketujuh tips di atas, kamu perlu tahu aplikasi GajiGesa, di mana aplikasi ini sangat cocok untuk para karyawan agar bisa mengelola keuangannya dengan baik, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraanya. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar