6 Tips Liburan Bareng Keluarga ke Bangkok Jadi Lebih Terjangkau




Kota yang masih menjadi destinasi liburan favorit warga Indonesia adalah Bangkok. Dikenal dengan surga belanja barang-barang dengan harga terjangkau yang berkualitas, kuliner yang memanjakan lidah serta masih dekat dengan Indonesia membuat wisatawan Indonesia terus berdatangan ke Negeri Singa ini.

Saat ini banyak paket perjalanan ke Bangkok yang bisa kamu ambil jika kamu malas merencanakan dengan detail bagaimana perjalananmu. Tapi, jika kamu ingin lebih puas dan nyaman selama liburan, tentunya kamu harus bisa merencanakan liburan ala on budget ini sendiri tanpa perlu paket perjalanan.

Tips Liburan Bareng Keluarga ke Bangkok

Liburan ke Bangkok


Kamu bisa lebih menghemat biaya selama liburan bersama keluarga dengan menerapkan tips-tips di bawah ini. Yuk, simak!

1. Melakukan Persiapan dari Jauh-jauh Hari

Persiapan yang matang sejak awal adalah kunci dari liburan on budget kamu dapat berhasil. Apalagi jika tujuan kamu ke Bangkok, karena perlu mencari tiket pesawat Jakarta Bangkok, perencanaan perjalanan sangat diperlukan.

Persiapan ini bukan hanya meliputi pembelian tiket pesawat, melainkan juga dokumen yang harus dipersiapkan, rencana pengeluaran, itinerary, beserta detail-detail rencana yang akan kamu lakukan selama di Bangkok.

Untuk tiket pesawat Jakarta Bangkok misalnya, saat ini sudah banyak maskapai baik nasional maupun internasional seperti Singapore Airlines yang melayani rute Jakarta - Bangkok (melalui Singapore).

Caranya juga tidak ribet, kamu bisa mengunjungi website Singapore Airlines dengan klik di sini, lalu masukkan budget kamu pada kolom “Input Anggaran Maksimal” untuk mendapatkan promo sekaligus penawaran spesial untuk penerbangan yang berikutnya dari Jakarta ke Bangkok. 

2. Datang Pada saat Low Season

Chiang Mai, Thailand

Kalau kamu ingin travelling yang on budget, hal yang harus kamu hindari adalah berangkat pada waktu high season atau sedang ramai turis berdatangan. Biasanya waktu-waktu ini terdapat perayaan khusus seperti libur panjang akhir tahun dan tahun baru.

Kamu bisa mengunjungi Bangkok pada low season yaitu sekitar bulan Juni sampai Oktober. Ini adalah cara yang paling utama untuk bisa memangkas biaya liburan kamu.

Karena saat masa low season, akan lebih mudah mendapatkan promo tiket pesawat Jakarta Bangkok, bahkan termasuk akomodasi serta tur yang tersedia.

Selain itu, kamu akan terhindar dari keramaian yang luar biasa di tempat-tempat populer yang ada di Bangkok. Datang pada waktu liburan dan high season akan memaksamu mengeluarkan biaya perjalanan yang lebih besar. Itulah mengapa disarankan datang pada saat low season. 

3. Pilih Akomodasi di Tempat yang Strategis

Selain tiket penerbangan, pemilihan akomodasi yang harganya terjangkau di Bangkok juga menjadi cara efektif liburan yang hemat.

Di Bangkok ada banyak hotel dengan harga terjangkau yang bersih, nyaman, dan dilengkapi dengan perlengkapan esensial seperti Wi-Fi dan TV.

Penginapan satu kamar dengan fasilitas dasar yang memadai dan terjangkau juga dilengkapi kamar mandi dalam juga ada di Bangkok dengan harga berkisar dari 400 ribu rupiah.

Memesan Hostel di Bangkok juga bukan pilihan yang buruk karena harganya yang lebih terjangkau namun dengan kualitas yang sama baiknya.

4. Pilih Makanan Seperti Orang Lokal

Street Food Vendors

Eat like a local!” adalah salah satu ungkapan yang sering kali dijadikan saran saat liburan on budget. Orang-orang lokal pasti lebih mengetahui tempat makan mana yang benar-benar enak dan tentu harganya ekonomis.

Kamu bisa membeli makanan di pedagang kaki lima atau street vendors atau toko lokal Bangkok. Di Bangkok, ada banyak sekali street vendor yang menjual berbagai jenis makanan.

Sebelum kamu masuk dan memilih tempat makan, jangan lupa untuk membaca review dari pelanggan lain jika ada di Google Maps. Dengan begitu, kamu tau, apakah menu makanannya sesuai dengan yang kamu mau atau tidak, serta berapa harga yang harus kamu keluarkan.

Selain street vendors, kamu juga bisa membeli makanan dari food courts ataupun pedagang makanan yang ada di pasar tradisional. Tidak ketinggalan, makanan dari 7-11 di Bangkok juga menjadi salah satu pilihan.

5. Berbelanja di Pasar Tradisional

Chatuchak Market Thailand

Tips jika kamu tetap ingin berbelanja selama liburan dengan budget yang minim, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional di Bangkok. Kamu bahkan bisa mendapatkan oleh-oleh dengan harga yang juga lebih terjangkau di pasar tradisional.

Agar belanja lebih maksimal, tunjukkan juga kemampuan tawar menawar kamu agar mendapatkan belanjaan yang kamu mau dengan budget lebih sedikit.

6. Jangan Menggunakan Taksi Terlalu Sering

Salah satu hal penting yang harus kamu ingat adalah jangan mengambil taxi yang ada di depan hotel. Penggunaan taxi sendiri selama di Bangkok harus dikurangi, karena harganya yang mahal.

Padahal, di Bangkok ada pilihan transportasi umum yang sudah memadai dan cost-effective atau lebih ekonomis.

Jika kamu ingin naik tuk-tuk atau kendaraan khas Thailand boleh saja, tapi jangan menggunakannya untuk berwisata dan berpindah-pindah karena akan menghabiskan budget lebih banyak.

Kamu harus mulai merencanakan ini sejak turun dari Bandara, dan memilih transportasi yang ada di Bangkok.

Demikianlah tips untuk liburan hemat di Bangkok bersama keluarga! Jangan lupa untuk memesan penerbanganmu dengan Singapore Airlines. Jika kamu bepergian dengan anak-anak, kamu bahkan dapat memesan hidangan anak 24 jam sebelum keberangkatan.

Wujudkan liburan keluargamu menjadi kenyataan! Mulailah dengan memesan penerbangan bersama Singapore Airlines. Selamat berlibur!



Posting Komentar

26 Komentar

  1. Sering dapat cerita kalau ke Thailand murah. Kalau pergi naik taksi, di manapun pasti harganya mahal ya kan. Tuk tuk pun sama. Apa tidak ada kendaraan umum seperti jaklingko? 😁

    BalasHapus
  2. Wah, pasti jadi lebih hemat ya jika datang pas low season. Lagian kurang asyik juga kalo datang pas liburan pasti rame dan tempat wisatanya juga penuh.

    BalasHapus
  3. INi dsri ku sih kak. Bawa tumbler deh. Air minum kemasan di Thailand bisa mahal. Bawalah botol air minum isi ulang dan isilah di dispenser air yang tersedia di berbagai tempat, seperti di mal, stasiun BTS/MRT, dan taman.

    BalasHapus
  4. Aku pernah ke Bangkok dua tahun yang lalu dan rasanya pengen balik lagi deh karena kotanya senyaman itu dan (menurutku) lumayan terjangkau hehe

    BalasHapus
  5. Selain belanja, transportasi salah satu yang bikin boncos gede dari ulasan orang orang yang pergi ke bangkok yang pernah aku baca termasuk disini.

    BalasHapus
  6. Wah seru banget liburan ke Bangkok. Bener kalau liburan mending bukan saat perayaan ya, jadi bisa dapat harga promo menarik dan liburan juga jadi nggak banyak orang. Suka males kalau liburan jadi kaya padat penduduk 😅

    BalasHapus
  7. Thailand itu sekilas mirip dengan kita, ya, secara sesama asia tenggara, tapi memang tetap menarik untuk dikunjungi karena banyak juga keunikan dan ciri khas nya

    BalasHapus
  8. Bangkok terkenal dengan surganya fashion ya ka. Asyik mungkin ya kalau ke sana tapi takut banget ada kendala bahasa. Apalagi bangkok pakai huruf Thai.

    BalasHapus
  9. Thailand memang jadi incaran banyak orang untuk berlibur. Dan ternyata waktu sekarang ya, saat low season bulan Juni sampai Oktober. Tapi tetap harus dengan persiapan matang termasuk jadwal atau agenda selama di sana.

    BalasHapus
  10. Kalo low season bikin nyamannya gak padat merayap ya kak, ada space buat menikmati suasana wisata. Termasuk juga manfaatnya dari segi harga yang lebih hemat

    BalasHapus
  11. Pokoknya kalau mau liburan nyaman tuh, memang bagiku ya enaknya pas low season sih. Lebih hemat budget dan nggak terlalu ramai juga. Cuma kalo waktu datang nggak diperhitungkan juga jadi kurang seru. Benarlah jika persiapan adalah kunci.

    BalasHapus
  12. Betul mba kalo traveling ke luar negeri mending hindari high season. Cuma kadang minus gabisa lihat atraksi wisata pas high season tadi

    BalasHapus
  13. Bangkok keren banget. btw di pasar2 gitu, banyak makanan2 halalnya gak sih? penasaran.

    BalasHapus
  14. Waaah ini maskapai kelas atas sih. Blm kesampaian naik maskapai ini karena 2x ke Bangkok selalu langsung ke Don Mueang. Maklum aku mah turis bujet. Ya turunnya di bandara bujet. Wkwk.

    Beda ama Singapore Airline yg akan turun di bandara Suvarnabhumi. Yg bandaranya megaaah sekali.

    Jadi kangen ke BKK lagi, trs ke Hatyai dan Chiangmai. Smg bs ke selatan Thailand dan utara Thai lagi deh. Pgn explore bnyk tempat di Krungthep.

    BalasHapus
  15. Buat wisatawan dari Indonesia. kota Bangkok masih menjadi destinasi favorit ya. Lumayan sih dekat karena masih sama-sama di Asia Tenggara ini. Meskipun dekat, untuk berwisata ke sana memang harus disiapkan masak-masak.

    BalasHapus
  16. Waahh kapan nih ya bisa liburan ke Bangkok bareng keluarga..udah pengin ngajak anak2 jalan2 agak jauh dikit gitu. Biar ada pengalaman jalan2 yang menarik deh untuk diceritakan pada anak2 mereka nantinya. ;)

    BalasHapus
  17. Kalau di tempat orang, saya juga biasanya minta diantar atau minta alamatnya lebih dahulu lalu kemudian ke pasar tradisional yang direkomendasikan. Sekarang udah lama malah gak ke pasar.
    Jadi merindukan masa masa itu

    BalasHapus
  18. Thailand bisa jadi pilihan atau destinasi yang pas untuk didatangi bersama keluarga. Katanya makanannya enak-enak, murah-murah, dan pakaiannya juga.

    BalasHapus
  19. Terima kasih tipsnya. Sepertinya tips ini juga ga hanya berlaku untuk liburan ke Bangkok saja, tp juga bs berlaku untuk tempat liburan lainnya.

    BalasHapus
  20. Singapore Airlines mang recomended sich. Pelayanan dan makanan bikin tambah. Aku belum pernah ke Bangkok, malah opo pengene bisa jelajahi Singapore dulu

    BalasHapus
  21. Jalan-jalan bareng keluarga ke luar negri emang kudu jauh2 hadi dioersiapkan apalahi buat kaum mendang-mending seperti saya, tapi kalau duitnya ga berseri sih, mau berangkat kapan aja ya ayo aja hihihihi

    BalasHapus
  22. Berburu makanan lokal itu seruuuu. Selain harganya lebih terjangkau, kenangannya juga lebih melekat kuat. Cuma bagi yang muslim tetap harus hati-hati dengan kehalalannya.

    BalasHapus
  23. kalau diliat-liat, selain singapura, orang-orang pada sering ya ke thailand. jadi penasaran pengen eksplore juga, semoga ada kesempatan dan rezeki buat ke sana

    BalasHapus
  24. Wah... pengen banget liburan ke Bangkok, kalau ke bangkok pengen main ke salah satu tempat wisata belanja terbesar di asia tenggara, chatuchak weekend market.

    BalasHapus
  25. Mau liburan ke Bangkok dan ke tempat lain, memang butuh persiapan jauh-jauh hari. Termasuk perhitungan detail kebutuhan dana saat di sana, agar liburan aman dan nyaman

    BalasHapus
  26. Itenerary itu sangat penting dalam sebuah perjalanan maupun wisata. Perjalanan tanpa itenerary pasti kacau, nggak ada yang buat acuan.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!