Resep Retinol Alami dari Buah-buahan, Cobain, Yuk!



Jus Retinol


Retinol merupakan turunan vitamin A yang terkenal dengan manfaatnya untuk melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Retinol dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi garis halus dan kerutan, serta meratakan warna kulit.

Meskipun produk retinol banyak tersedia di pasaran, namun beberapa orang akan lebih memilih alternatif yang alami, karena lebih mudah, lebih murah dan minim efek samping.

Resep Retinol Alami dari Buah-buahan

Berikut beberapa resep retinol alami dari buah-buahan yang bisa kamu coba:

1. Masker Pepaya dan Wortel

Bahan-bahan:

- 1/2 buah pepaya matang

- 1/2 buah wortel

- 1 sdm yoghurt

Cara membuat:

- Haluskan pepaya dan wortel.

- Campurkan pepaya dan wortel dengan yoghurt.

- Oleskan masker pada wajah dan leher.

- Diamkan selama 15-20 menit.

- Bilas dengan air hangat.

2. Jus Wortel dan Apel

Jus Wortel dan Apel

Bahan-bahan:

- 1 buah wortel

- 1 buah apel (disarankan apel fuji premium)

- ½ ruas jahe 

- 1 sdm madu (opsional)

Cara membuat:

- Cuci bersih wortel, apel, dan jahe.

- Potong wortel dan apel menjadi beberapa bagian kecil.

- Masukkan wortel, apel, dan jahe ke dalam juicer.

- Minum jus segera setelah dibuat, atau dapat didinginkan dulu di kulkas.

Kamu juga bisa membuat lebih banyak jus retinol ini untuk diletakkan ke dalam botol-botol kecil, untuk memudahkan meminumnya setiap pagi hari.

3. Masker Tomat dan Mentimun

Bahan-bahan:

- 1 buah tomat

- 1/2 buah mentimun

- 1 sdm madu

Cara membuat:

- Haluskan tomat dan mentimun.

- Campurkan tomat dan mentimun dengan madu.

- Oleskan masker pada wajah dan leher.

- Diamkan selama 15-20 menit.

- Bilas dengan air hangat.

Tips Sebelum Memakai Masker Retinol

Lakukan patch test terlebih dahulu pada area kecil di kulit sebelum menggunakan masker pada seluruh wajah. Setelah itu, gunakan masker 1-2 kali seminggu untuk hasil terbaik. Segera konsultasikan dengan dokter kulit jika kamu memiliki kulit sensitif atau kondisi kulit tertentu.

Perlu diingat, bahwa retinol alami dari buah-buahan mungkin tidak sekuat retinol sintetis dalam produk skincare. Hasilnya pun bisa jadi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlihat.

Namun, retinol alami umumnya lebih aman dan minim efek samping dibandingkan retinol sintetis. Selain itu, retinol alami juga dapat menjadi pilihan yang lebih murah serta ramah lingkungan.

Selain menggunakan retinol alami, penting juga untuk menjaga kesehatan kulit dengan pola makan yang sehat, minum air putih yang cukup, dan menggunakan tabir surya setiap hari.

Jadi gimana, mau mencoba resep retinol alami di atas secara rutin? Jangan lupa dicatat ya. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

27 Komentar

  1. suka banget sama wortel dan apel, sangat enak dan sehat :D

    BalasHapus
  2. Wah, warna maskernya cerah banget! Bisa diminum juga nggak itu maskernya hehe? Kalo masker pakai bahan alami lebih aman sih. Bebas bahan kimia juga.

    BalasHapus
  3. Wah bisa dicoba nih. Retinol dari bahan alami tentu lebih aman. Meskipun ada banyak produk retinol di pasaran yang juga sudah terjamin keamanannya.

    Apalagi bikin retinol dari bahan alami ternyata nggak rumit. Bahkan terlalu sederhana kayaknya.

    Wajib nyoba nih. Minimal salah satu resepnya. Kayak mentimun dan tomat.

    BalasHapus
  4. Semua yang alami itu biasanya aman, murah dan ramah lingkungan.
    Sama seperti retinol alami yang terbuat dari buah-buahan. Meskipun biasanya hasilnya tidak secepat retinol sintesis tapi setidaknya bisa mengurangi efek samping, ya.

    BalasHapus
  5. Termasuk buah yang aku suka, ternyata mengandung reti nol alami. Kalau bisa konsumsi secara teratur, kulit bakal jadi bagus kayaknya kak

    BalasHapus
  6. Ini bahan - bahannya gampang ditemukan dirumah yaa. Bisa digunakan sekalian me time maskeran di rumah nih

    BalasHapus
  7. Buah-buahan memang kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk kandungan retinol alami.
    Beberapa resep yang disebutkan patut dicoba, mungkin boleh dicoba juga masker wortel dan madu, atau jus pepaya dan yogurt.

    BalasHapus
  8. Nah ini asik resep retinol alami dari kak Rizky. Terbilang mudah bahan-bahannya untuk ditemukan ya alias ada di sekitar kita. Kalo ada yang alami kan lebih cilik pastinya

    BalasHapus
  9. Lebih baik membuat retinol alami dari buah-buahan ya. Apalagi mudah juga didapatkan. Seperti pepaya, wortel, apel, dan timun. Tidak ada efek sampingnya juga.

    BalasHapus
  10. Kalau pengin aman tanpa efek samping memang alangkah baiknya menggunakan bahan-bahan alami dari buah-buahan begini. Yang penting telaten karena ini hasilnya tidak instan.

    BalasHapus
  11. Wah retinol alami seger banget ya, murah dan ramah lingkungan. Lebih sehat juga karena dari buah yang segar. Pasti dimuka sejuk banget nih, adem.

    BalasHapus
  12. yang paling mungkin dan paling mudah dicoba buatku ya tomat mentimun nih. udah pasti ada di kulkas, tinggal eksekusi aja. kalau mentimun aja biasanya udah dingin enak banget lho

    BalasHapus
  13. Besok-besok, kalau bikin jus pepaya + wortel, sisa yang biasanya nempel di blender bisa dikoretin buat masker. Hehe.... Jadinya asupan retinol luar dalam.

    BalasHapus
  14. Masker tomat dan mentimun sih dulu sering aku pakai pas bruntusan. Cuma memang kalo tomat bikin agak perih. Jadi lebih sering pake timun

    BalasHapus
  15. Kalau retinol alami gini aman ga ya buat bumil dan busui. Harusnya aman kali ya.. Kan ga ada zat kimianya.

    BalasHapus
  16. Retinol alami ternyata dari bahan-bahan yang enak. Boleh nih sering mencobanya. Hasilnya memang tidak instan, tapi pastinya alami dan segar.

    BalasHapus
  17. Masker pepaya dan wortel sepertinya seger banget. Hehe...
    Praktis dan bahan ada, sebaiknya saya juga mulai membuat di rumah deh

    BalasHapus
  18. Mantap.. aku sedang merutinkan bikin juicer dari wortel dan kawan kawannya, enak jg dibadan ya. Eksimku kambuh parah, sekarang jd mendingan, mantap

    BalasHapus
  19. Setuju sich kalo pengganti retinol menggunakan bahan-bahan alami. Jadi nggak mempunyai efek samping.

    BalasHapus
  20. Cakeep iih.. retinol alami ternyata bahan-bahannya ada di sekitar kita banget yaah..

    Bisa dicobain nih.. terutama untuk jusnya yang segar.
    Tapi kalau ada apelnya nih.. aman disimpan berapa jam?
    Atau sampai hitungan hari juga?

    Aku takutnya warnanya jadi gak estetik karena apel mudah teroksidasi.

    BalasHapus
  21. Wah ini bener banget sih, kadang fokus hanya di skincare sampai melupakan asupan makanan yang baik dan bergizi seperti ini :)

    BalasHapus
  22. Serius nanya nih. Daripada dibikin masker, lebih efektif mana dengan dikonsumsi lgsg? Bukannya lgsg menyerap ke tubuh? Atau emg ga lgsg ke sasaran krn emg fokus utamanya di wajah?

    BalasHapus
  23. Jus apel wortel enak banget sih mbak, bermanfaat pula ya untuk kulit. Aku belum pernah pakai masker daru buah-buahan yang dihaluskan aih. Paling pakai timun dingin untuk kompres mata. Tapi boleh dicoba juga nih, karena alami pasti lebih aman, apalagi kulit aku sensitif.

    BalasHapus
  24. Aha, bisajadi solusi banget nih, ternyata buah-buahan tidak hanya bisa dibikin jus atau dikonsumsi begitu saja. Tapi bisa untuk penggunaan lain.

    BalasHapus
  25. Retinol alami dari buah dan sayur ya ini berarti pastinya lebih aman

    BalasHapus
  26. Jusnya diminum dulu baru sisanya dipakai untuk masker ahaha. Lebih aman pakai bahan alami seperti ini ya, meskipun harus lebih sabar juga menunggu hasilnya..

    BalasHapus
  27. dulu juga suka pake masker alami yang benar-benar dari buah-buahan langsung..kudu tiap hari pakenya biar ada perubahan yang nyata yaa

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!