Perbandingan Harga dan Manfaat, Kamera CCTV Analog dan IP



Memilih kamera CCTV yang tepat untuk sistem keamanan untuk rumah dan perkantoran, membutuhkan banyak pertimbangan. Di antaranya adalah perbandingan harga dan manfaat antara IP camera CCTV dengan kamera analog.

Secara umum, CCTV mengubah sinyal video ke dalam format yang dapat diputar di TV, VCR, dan DVR. Kemajuan teknologi dan dukungan jaringan internet yang terus berkembang, menghadirkan kamera IP berteknologi canggih.

Banyaknya fitur tambahan yang bisa memperluas jangkauan kamera melebihi sekadar memenuhi fungsi standar, membuat harga CCTV jenis ini ikut meroket.

Perbandingan Harga dan Manfaat antara Kamera CCTV Analog dan IP

CCTV
Gambar: https://unsplash.com/photos/white-surveillance-camera-hanging-on-wall-KNt4zd8HPb0
 

Kemajuan teknologi yang membuat perbedaan signifikan antara IP Camera CCTV dengan analog dalam meningkatkan sistem keamanan properti kamu. Berikut ini beberapa perbedaan penting, terutama harga dan manfaat kedua jenis kamera keamanan tersebut.

1. Cara Kerja

Kamera IP bekerja menggunakan jaringan IP untuk mengirim data gambar dan sinyal kontrol, berfungsi sebagai bagian dari sistem kamera keamanan IP. Kamera ini seperti komputer kecil yang dirancang khusus untuk keamanan, dapat mengubah video menjadi paket data lalu dikirim ke jaringan internet, seperti: server, NAS, atau masuk ruang penyimpanan yang tersedia dalam perangkat kamera itu sendiri.

Sedangkan CCTV analog bekerja dengan cara mengirimkan sinyal video dalam format konvensional ke digital video recorder (DVR) melalui kabel koaksial. Kamera analog telah menjadi tulang punggung sistem keamanan video selama beberapa dekade. Namun kecanggihan teknologi yang membuat harga kamera IP lebih tinggi dibandingkan dengan analog.

2. Kualitas Rekaman

Kualitas gambar sangat penting dalam sistem keamanan dan memengaruhi kemampuan kamera keamanan dalam menjalankan fungsi identifikasi kejadian dengan detail. Teknologi IP Camera CCTV mendukung resolusi definisi tinggi (HD), memberikan gambar yang lebih jelas dan detail video lebih besar.

Kamera CCTV jenis ini bahkan mampu melakukan identifikasi nomor plat kendaraan dan melakukan pengenalan wajah dengan definisi dan kejelasan lebih tinggi. Sedangkan kamera analog biasanya menawarkan gambar dengan resolusi lebih rendah, yang mungkin tidak cukup untuk tugas pengenalan yang detail.

3. Fitur Tambahan

Sesuai dengan harga CCTV IP yang ditawarkan, biasanya jenis ini menyediakan banyak fitur tambahan yang canggih. Di antaranya adalah deteksi gerakan, akses jarak jauh, dan analitik video untuk keamanan yang lebih baik. Sedangkan pada kamera CCTV analog masih tersedia, tapi terbatas, tidak seluas dan secanggih IP.

4. Skalabilitas

Kompleksitas pemasangan kamera keamanan dapat bervariasi. Sistem kamera analog dengan kabel koaksial dilakukan secara konvensional membuat pemasangan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan murah, terutama pada lingkungan yang sudah menyediakan kabel.

Dengan harga CCTV lebih murah, jenis ini juga dikenal memiliki daya tahan kuat dengan masa pakai yang lama dan mampu diandalkan selama bertahun-tahun. Namun kebutuhan unit kamera jauh lebih banyak dibandingkan dengan kamera IP yang ditempatkan secara strategis.

Tak hanya itu, kamu dapat menambahkan lebih banyak kamera IP ke dalam sistem tanpa melakukan perubahan infrastruktur, tetapi harus ada tarikan kabel jenis baru, kabel CAT5/6 apabila ada perubahan dari kamera jenis analog. Hal tersebut membuat perluasan sistem analog menjadi rumit dengan kebutuhan kabel tambahan dan batasan port input DVR. 

5. Fleksibilitas

Fleksibilitas CCTV
Gambar: https://www.istockphoto.com/id/foto/terhubung-seluler-dengan-kamera-keamanan-gm871704344-145651823


Sistem IP Camera CCTV memiliki keunggulan dalam hal mengakses dan mengelola kamera dari jarak jauh lebih mudah melalui internet. Jenis ini merupakan pilihan yang lebih fleksibel dan dapat diakses untuk kebutuhan keamanan modern, memungkinkan streaming dan notifikasi langsung ke perangkat mobile, dari mana saja kamu berada.

Keunggulan ini membuat kamu mampu melakukan tindakan lebih cepat jika ada kondisi yang mencurigakan terdeteksi. Sistem analog mudah digunakan dan dipahami, sehingga dapat diakses oleh banyak orang, tapi tidak mendukung pemantauan jarak jauh tanpa peralatan tambahan seperti DVR yang mendukung jaringan.

Minimnya fungsi integrasi pada kamera analog membuat pengaturan kamera analog lebih kompleks dan tidak seefisien kamera IP. 

6. Harga

Harga merupakan faktor penting dalam memilih jenis kamera keamanan. Harga CCTV IP umumnya lebih mahal dibandingkan sistem analog, terutama pada saat pengadaan dan instalasi awal. Namun, anggaran pemeliharaan jangka panjang membuat nilai keseluruhan yang ditawarkan kamera IP jauh menguntungkan.

Biaya kamera IP yang tinggi terletak pada fitur canggih, skalabilitas dan fleksibilitas yang lebih mudah dalam desain sistem, berkat teknologi jaringan, memberikan pengembalian investasi dan manfaat yang lebih besar.

7. Kebutuhan Bandwidth

Kebutuhan Bandwidth
Gambar: https://unsplash.com/photos/white-surveillance-camera-hanging-on-wall-KNt4zd8HPb0


Bandwidth yang efisien sangat penting dalam sistem kamera CCTV untuk memastikan transmisi dan penyimpanan video berjalan lancar. IP Camera CCTV memerlukan lebih banyak bandwidth daripada sistem analog untuk mengirim sinyal digital melalui jaringan, dengan resolusi dan kualitas video yang tinggi, sehingga menghasilkan file berukuran besar.

Saat ini sudah ada teknologi kompresi untuk mengurangi kebutuhan bandwidth tanpa mengorbankan kualitas video. Sistem analog tidak mengonsumsi bandwidth jaringan, karena transmisi langsung ke DVR melalui kabel koaksial.

Pertimbangkan manfaat dan harga yang mencakup penggunaan jangka panjang untuk kebutuhan sistem keamanan properti kamu. Sinyal digital yang canggih membuat IP Camera CCTV menjadi solusi keamanan modern yang kamu butuhkan.

Rekomendasi kamera IP terbaik hadir dari merek Hikvision ColorVu yang sudah populer sejak lama. Produk ini menawarkan sejumlah keunggulan kamera IP seperti kemampuan merekam seluruh momen dalam warna yang terang dengan resolusi hingga 4K. Kecerdasan dalam ColorVu menghadirkan fitur-fitur canggih, termasuk hasil rekaman kamera zoom dalam warna yang cerah.

Percayakan sistem keamanan properti kamu dengan IP Camera CCTV terbaik. Dapatkan informasi produk Hikvision ColorVu selengkapnya di sini.




Posting Komentar

0 Komentar