Manfaat Memakai Sunscreen Pria Setiap Hari dan Tips Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit



Sunscreen Pria

Di tengah kesibukan para pria modern, kesehatan kulit seringkali terabaikan, terutama dari bahaya paparan sinar matahari yang berlebih. Hal tersebut dapat membawa dampak negatif bagi kulit, seperti kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko kanker kulit.

Maka, sangat disarankan untuk kaum pria menggunakan sunscreen setiap hari, karena terdapat banyak manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit pria.

Sebelum mengetahui manfaat memakai sunscreen pria setiap hari, sebaiknya ketahui dulu perbedaan sunscreen pria dan wanita berikut ini.

Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita

Perbedaan Sunscreen Pria dan Wanita

Terdapat beberapa perbedaan kandungan sunscreen untuk pria dan wanita, antara lain:

1. Tekstur

Karena kulit pria yang cenderung berminyak, sunscreen pria umumnya dibuat bebas minyak (oil-free) dengan tekstur yang lebih ringan.

Sementara sunscreen wanita, teksturnya lebih bervariasi, ada lotion, gel, atau krim, dan beberapa diformulasikan dengan bahan pelembap tambahan.

2. Kandungan

Sunscreen pria umumnya mengandung chamomile untuk menenangkan kulit, atau aloe vera untuk membantu mengurangi iritasi akibat bercukur.

Pada sunscreen wanita, sering ditemukan kandungan bahan anti-aging seperti retinol atau hyaluronic acid yang membantu mengatasi tanda-tanda penuaan.

3. Aroma

Aroma sunscreen pria biasanya lebih maskulin atau aroma-aroma netral yang menyegarkan. Untuk sunscreen wanita aromanya lebih beragam, seperti floral, fruity, fresh, dan sebagainya.

4. Kemasan

Sunscreen pria biasanya dikemas dalam tube atau botol yang lebih kecil, sehingga lebih praktis saat digunakan.

Sementara untuk sunscreen wanita seringnya dikemas dalam berbagai ukuran dan bentuk, termasuk tube, botol, dan jar.

Perbedaan ini sebenarnya tidak selalu mutlak. Karena, beberapa sunscreen pria terkadang juga anti-aging maupun sunscreen wanita oil-free. Namun yang terpenting, pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu.

Manfaat Memakai Sunscreen Pria Setiap Hari

Sunscreen Pria


Bagi pria yang enggan memakai sunscreen, ada baiknya mengetahui manfaat utama memakai sunscreen pria setiap hari, yaitu:

1. Melindungi dari Sinar UVA dan UVB

Sinar matahari yang mengandung UVA dapat menyebabkan penuaan dini, sementara UVB menyebabkan kulit gelap bahkan terbakar. Maka dari itu, sunscreen berfungsi melindungi kulit dari pantulan sinar UV, sehingga mencegah efek buruk terjadi pada kulit.

2. Mencegah Terkena Kanker Kulit

Paparan sinar matahari langsung dapat menimbulkan sel-sel kanker seperti karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Untuk itu, penting menggunakan sunscreen setiap hari, agar dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

3. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Fungsi lain sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti bintik hitam dan garis halus pada kulit. Menjadikan kulit tampak lebih muda dan segar.

4. Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Terpapar sinar UV dapat menyebabkan kulit belang dan hiperpigmentasi. Dengan memakai sunscreen setiap hari, maka akan membantu menjaga warna kulit tetap merata.

5. Melembapkan

Sunscreen umumnya diformulasikan dengan bahan pelembap yang tetap dapat menghidrasi kulit, sehingga membuatnya terasa lebih halus dan kenyal.

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Pria

Tips Memilih Sunscreen Pria Sesuai Jenis Kulit


Memilih sunscreen pria yang tepat sangat penting untuk mendapatkan manfaat perlindungan kulit yang maksimal. Berikut tips memilih sunscreen sesuai jenis kulit pria, yaitu:

1. Jenis Kulit Berminyak

Pilih tekstur gel atau lotion yang ringan, adem, dan mudah menyerap serta terdapat label "non-comedogenic" dan "oil-free", agar terhindar dari penyumbatan pori-pori.

2. Jenis Kulit Kering

Tekstur krim atau lotion yang lebih kental juga dapat memberikan hidrasi ekstra pada kulit. Pilih sunscreen dengan label "hydrating" atau "moisturizing" untuk membantu menjaga kelembapan kulit pria.

3. Jenis Kulit Sensitif

Sunscreen berlabel "hypoallergenic" dan "fragrance-free" berfungsi untuk meminimalisir risiko iritasi pada kulit. Pilih tekstur gel atau lotion yang lembut dan tidak menyengat.
Lakukan patch test terlebih dahulu di area kecil kulit sebelum menggunakan sunscreen di seluruh wajah.

Pastikan produk sunscreen yang kamu pilih sudah terdaftar di BPOM, sehingga terjamin keamanan dan kualitasnya yang telah teruji.

Memakai sunscreen pria setiap hari merupakan langkah penting demi menjaga kesehatan kulit pria. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin dan pemakaian yang tepat, maka dapat melindungi kulit dari berbagai efek berbahaya sinar matahari serta menjaga kulit agar tetap sehat.

Rekomendasi sunscreen pria Kahf, solusi terbaik yang bukan hanya melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, tetapi juga dapat menghidrasi kulit, karena mengandung moisturizer, memberikan kenyamanan pada kulit di tengah padatnya kesibukan sehari-hari. Jangan pernah skip sunscreen pria lagi yaa. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Sunscreen Pria Kahf




Posting Komentar

0 Komentar